Rabu, 30 Desember 2015

CARA PERAWATAN KULIT MUKA ATAU WAJAH SECARA TRADISIONAL

CARA PERAWATAN KULIT MUKA ATAU WAJAH SECARA TRADISIONAL


  • Cara perawatan kulit muka atau wajah secara tradisional ada 2 macam :


    1. pembersihan yang di ikuti penyegaran.
    2. perawatan kulit dengan memakai bedak dingin.

Cara perawatan kulit muka dengan penyegaran ialah, kalau akan tidur kulit muka kita gosok-gosok dengan irisan tomat atau irisan ketimun. Atau yang lebih halus lagi ketimun diparut dicampur dengan air sedikit kemudian disaring dengan kain yang tipis. Akhirnya akan memperoleh air ketimun. Air ketimun tersebut terus disapukan pada kulit muka kita dengan kapuk kapas hingga merata. Paginya bangun tidur kita bersihkan dengan air dingin biasa.

Cara perawtan yang kedua ialah dengan memakai bedak dingin.
Resep membuat bedak dingin adalah sebagai berikut

1.  Tepung beras           : 1 bagian  (umpama 1 gelas)
2.  Tepung bengkoang  : 1 bagian (umpama 1 gelas)
3.  Air wangi                 : Secukupnya.
  • Cara membuat nya :
Bahan  tepung beras dan tepung bengkoang dicampur menjadi satu. Kemudian dicampur dengan air wangi sambil digilas-gilas sampai lumat seperti membuat adonan kue, sekedar menjadi adonan yang pekat. Bedak tersebut dibulat-bulat seperti telur cecak yang besar di bawah nya besar kelereng terus dijemur hingga kering.

Cara pemakaian nya ialah satu atau dua butir bedak dingin dicampur dengan sedikit air terus disapukan pada kulit muka kita hingga merata. Ini dikerjakan kalau akan tidur. Bangun tidur kita cuci muka dengan air biasa.

  • Keterangan :
1. Cara membuat tepung beras ialah beras dicuci bersih kemudian direndam air selama sehari semalam. Kalau sudah cukup sehari semalam meredamnya disaring dengan KALO (bahasa jawa), ialah suatu alat yang terbuat dari anyaman bambu. Biasanya berbentuk cekung garis tengahnya kurang lebih 30 cm, gunanya untuk saringan dalam membuat santan kelapa. Beras tersebut sambil disiram dengan air bersih berkali-kali. Yang terakhir beras tersebut dibuat tepung dengan gilingan tepung, terus diayak dengan ayakan diambil tepung yang sangat halus saja.  

2. Cara membuat tepung bengkoang ialah dari buah bengkoang yang merupakan umbi batang diparut diberi air sedikit diremas-remas denga tangan kemudian disaring dengan kain tipis dan diperas. Endapan dari perasan tersebut disebut pati bengkoang atau tepung bengkoang.

3. Cara membuat air wangi ialah :
Umpamanya kita sediakan saja air satu liter atau terserah menurut keperluan. Kemudian kita sediakan daun pandan yaang sudah diiris-iris lembut, bunga mawar, bunga melati, bunga kenanga, kesemuanya kita rendam dalam air dingi setengah hari saja. Kemudian kita saring dengan kain tipis. Air inilah yang dinamakan air wangi atau air harum.

Bedak dingin ini ada tepung berasnya yang mengandung vitamin B1 juga ter dapat tepung bengkoang yang mengandung kalsium fosfor, vitamin A1, vitamin B, vitamin C, dan protein.

kasiat bedak dingin ialah :
  • Mencegah timbulnya ketuaan pada kulit muka.
  • Mencegah timbulnya noda-noda hitam dan jerawat.

0 komentar:

Posting Komentar